Contents
3 Cara Branding Produk yang Efektif untuk Penjualan
Branding produk adalah strategi penting yang harus diterapkan oleh setiap pemilik usaha jika ingin sukses dalam mengembangkan bisnis. Melalui strategi ini, produk akan punya nilai jual tinggi sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Namun, banyak pemilik usaha yang masih belum sadar betapa pentingnya melakukan strategi ini untuk pemasaran produk!
A. Apa Itu Branding?
Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara branding produk yang efektif, mari simak terlebih dahulu pengertian dari branding itu sendiri. Branding adalah strategi pembentukan identitas agar bisnis dapat tampil berbeda, professional, dan menarik di mata konsumen. Dalam melakukan strategi ini, terdapat beberapa elemen penting yang wajib diperhatikan antara lain logo, nama produk, slogan, dan kemasan produk. Elemen-elemen tersebut harus dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu mencerminkan karakteristik merek agar mudah diingat oleh konsumen. Tujuan dari strategi ini adalah untuk membentuk identitas brand, agar produk lebih dikenal masyarakat luas yang nantinya akan berpotensi meningkatkan penjualan.
B. Manfaat Branding Produk
Sebelum Anda yakin untuk melakukan branding, mungkin Anda perlu mengatahui apa saja manfaat dari strategi pemasaran satu ini.
- Membedakan Produk dari Pesaing
Salah satu manfaat utama dari branding produk adalah kemampuannya untuk membedakan produk Anda dari pesaing di pasar yang padat. Melalui identitas merek yang menarik, Anda dapat memikat perhatian pelanggan potensial dan membuat produk Anda mudah dikenali di antara berbagai pilihan produk sejenis di pasar.
- Menciptakan Kepercayaan dan Kesetiaan Pelanggan
Brand bisnis yang kuat itu terbangun dari kepercayaan pelanggan. Ketika pelanggan merasa yakin dengan kualitas dan nilai produk, mereka lebih cenderung memilih produk tersebut daripada merek lain. Selain itu, pelanggan yang puas ini dapat berpotensi menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
- Menambah Nilai Produk
Branding dapat meningkatkan persepsi nilai produk di mata pelanggan. Saat pelanggan melihat merek yang terkenal atau memiliki reputasi baik, mereka cenderung mengasosiasikan produk dengan kualitas yang lebih tinggi. Ini memungkinkan kita untuk menetapkan harga yang lebih tinggi dan meningkatkan margin keuntungan bisnis.
- Mempermudah Pengenalan Produk Baru
Ketika kita memiliki merek yang dikenal dengan baik, peluncuran produk baru menjadi lebih mudah. Pelanggan yang sudah familiar dengan merek Anda akan cenderung lebih terbuka untuk mencoba produk baru yang Anda tawarkan. Branding mampu memperkuat citra positif yang telah kita bangun, sehingga dapat memperumah bisnis dalam memperkenalkan produk baru kepada pasar.
- Meningkatkan Daya Tarik Pasar
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, daya tarik pasar sangat penting. Strategi ini mampu membantu meningkatkan daya tarik produk di pasar dengan cara menciptakan kesan profesional. Selain itu, kita juga bisa mengkomunikasikan nilai tambah produk, sehingga berpotensi menarik hati pelanggan yang sesuai dengan target pasar kita.Semakin menarik produk kita di mata pelanggan, semakin besar pula peluang produk tersebut dikenal masyarakat dan laku keras di pasaran.
C.Cara Branding Produk Yang Tepat & Efektif
Berikut adalah 13 cara melakukan strategi branding produk yang efektif untuk meningkatkan angka penjualan:
- Tampilkan Identitas Logo yang Profesional dan Menarik
Cara branding produk yang pertama adalah dengan menampilkan identitas bisnis terutama logo brand dan Logo brand adalah elemen penting yang akan memperkuat nilai jual suatu produk! Melalui logo, identitas bisnis akan terpancar dengan jelas, sehingga dapat memberi kesan yang mendalam di mata konsumen.
Kita bisa mengikuti strategi dari brand ternama tersebut untuk memperkuat identitas logo pada produk Anda, dengan cara:
-
- Menggunakan warna yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis
- Buat logo yang simpel, unik, dan mudah diingat
- Tampilkan logo pada setiap kemasan produk
- Tampilkan logo di setiap materi promosi produk
- Gunakan jasa pembuatan logo profesional agar hasilnya maksimal
- Nama Produk Yang Unik Membuat Konsumen Tertarik
Tak hanya logo, nama produk juga harus memiliki daya tarik tersendiri agar konsumen mudah mengingatnya. Nama atau merek merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan angka penjualan.
Dalam hal ini kita bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk membuat nama produk yang unik dan menarik:
-
- Sesuaikan nama dengan nilai dan karakteristik produk Anda
- Buat nama produk yang mudah diingat dan diucapkan
- Hindari penggunaan nama produk yang terlalu panjang!
- Buat nama produk yang berkesan dan sesuai dengan identitas bisnis Anda
- Branding Produk Melalui Slogan Yang Unik
Pernah mendengar slogan “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”?Ya! Slogan tersebut merupakan milik produk minuman kemasan ternama, Teh Botol Sosro..Slogan ini sukses membius para konsumen lewat penekanan kalimat yang memberikan unsur “kepastian”.
Hasilnya, konsumen pun terhipnotis dan merasa yakin kalau setelah memakan makanan apapun, paling nikmat ya minum “Teh Botol Sosro”.Dari sini Anda dapat belajar bahwa, slogan bisa memperkuat daya tarik produk serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk itu sendiri.
Dalam membuat sologan yang menarik, kita bisa mengikuti beberapa strategi berikut ini:
-
- Buat slogan yang singkat, padat, dan mudah diingat
- Fokus pada nilai serta keunggulan produk
- Gunakan kata-kata yang kuat, positif, dan mudah dipahami
- Branding Melalui Kemasan yang Menarik
Tak hanya sebatas logo, branding produk juga mencakup aspek lain yang mendetail yakni kemasan.Tahukah Anda, kemasan yang menarik ternyata dapat meningkatkan nilai serta harga jual produk di pasaran.
Melalui kemasan yang menarik, produk akan terlihat jauh lebih profesional, sehingga konsumen menjadi yakin untuk membelinya.Berikut adalah beberapa tips dalam memilih kemasan produk agar lebih menarik dan punya nilai jual tinggi di mata konsumen:
-
- Sesuaikan kemasan dengan karakteristik serta jenis produk
- Pertimbangkan aspek keamanan pada kemasan
- Pilih kemasan yang praktis
- Sisipkan logo, merek, dan informasi produk secara jelas dalam kemasan tersebut
- Pilih desain kemasan yang punya nilai visual tinggi
- Manfaatkan Website Sebagai Platform Branding
Website merupakan salah satu media yang tepat untuk memaksimalkan strategi branding. Melalui website, Anda bisa menyediakan informasi, melakukan promosi, serta berinteraksi dengan para konsumen secara langsung. Selain itu, website memungkinkan produk Anda dapat terjual dengan mudah, melalui fitur “shop” pada website tersebut.Bahkan, jika teroptimasi SEO (optimasi mesin pencari) dengan struktur yang tepat, website mampu memperluas jangkauan pasar serta mempermudah konsumen dalam menemukan produk kita.
- Promosikan Produk Melalui Media Sosial
Berikut adalah beberapa fitur media sosial yang efektif untuk branding dan promosi:
-
- Profil bisnis yang dapat memberi informasi detail terkait merek dan produk
- Konten marketing untuk memaksimalkan strategi branding dan promosi
- Hashtag yang membantu Anda memperluas jangkauan pasar
- Fitur iklan untuk memaksimalkan promosi merek dan produk
Selain fitur di atas, media sosial juga memiliki tools analitik yang siap membantu bisnis Anda dalam memaksimalkan promosi produk.
Fitur ini akan memberikan Anda data target konsumen spesifik seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan konten yang paling efektif untuk promosi di media sosial.
- Tingkatkan Kualitas Produk
Ketika produk Anda telah dikenal luas oleh masyarakat, bukan berarti konversi penjualannya sudah aman! Butuh inovasi khusus agar konsumen senantiasa percaya terhadap kualitas produk Anda.
Coba lihat brand ponsel “Nokia” yang mengalami penurunan omset drastis akibat menganggap sepele terhadap kualitas produk. Brand yang dulu merajai pasar ponsel ini tenggelam karena kurangnya inovasi serta adaptasi terhadap perubahan tren pasar.
Belajar dari situ, maka Anda wajib melakukan inovasi terutama pada kualitas produk. Untuk itu, berikut adalah cara untuk meningkatkan kualitas produk agar angka penjualan tetap stabil:
-
- Lakukan riset pasar untuk mengetahui produk kompetitor
- Tingkatkan bahan baku dan proses produksi
- Tingkatkan kualitas desain dan kemasan produk
- Pertahankan konsistensi kualitas produk
- Mengadakan Promo Eksklusif Yang Menarik
Promo menarik adalah salah satu cara branding produk yang sangat disukai oleh konsumen. Lewat promo menarik, konsumen akan penasaran dengan produk yang Anda jual, sehingga berpotensi untuk membelinya.
Namun, pastikan dalam setiap promosi yang Anda buat sesuai dengan karakteristik produk dan punya unsur “menguntungkan” bagi konsumen. Selain itu, jangan lupa tampilkan identitas logo, merek, dan slogan pada promosi tersebut, agar strategi branding semakin membuahkan hasil.
- Branding Produk lewat Kerjasama Mitra Bisnis
Berikut adalah tips dalam menjalin kerjasama bisnis agar hasilnya berdampak positif bagi penjualan produk:
-
- Pilihlah mitra bisnis yang punya kredibilitas tinggi serta identitas yang jelas
- Pastikan bahwa kerjasama bersifat “win to win solution” (saling menguntungkan)
- Pilih brand bisnis dengan produk yang relevan dengan bisnis Anda
Contohnya, jika bisnis Anda menjual produk kemeja pria, maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan bisnis lain yang menjual produk celana levis. Dengan begitu, kedua belah pihak dapat menonjolkan keunggulan masing-masing produk yang akan berpotensi terhadap meningkatnya angka penjualan.
- Manfaatkan Konten Marketing
Dalam membangun branding yang kuat, Anda juga bisa melibatkan penggunaan konten marketing. Buatlah konten yang relevan, informatif, dan bermanfaat bagi konsumen. Contohnya, publikasikan artikel blog, panduan, video tutorial, atau infografis yang membantu konsumen memahami produk Anda dan mengatasi masalah yang mereka hadapi. Konten marketing seperti ini akan membangun otoritas brand bisnis serta meningkatkan kesadaran merek di mata pelanggan.
- Branding Produk lewat Testimoni Pelanggan
Testimoni dan ulasan positif dari pelanggan dapat memberikan bukti sosial yang kuat tentang kualitas produk kita. Dalam hal ini, mintalah pelanggan yang puas setelah membeli produk kita untuk memberikan testimoni atau ulasan. Kemudian, bagikan testimoni tersebut di berbagai platform pemasaran online seperti situs web, media sosial, dan berbagai platform pemasaran lainnya. Testimoni dan ulasan positif ini akan membangun kredibilitas dan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk memilih produk Anda.
- Konsistensi Logo dan Desain Visual
Tahukah Anda, desain logo dan visual yang konsisten dapat memberikan kesan profesional di mata konsumen. Oleh karena itu, pastikan warna, logo, font, dan elemen desain lainnya konsisten di semua materi pemasaran Anda, termasuk di situs web, brosur, kemasan produk, dan media sosial.Melalui konsitensi desain visual, maka citra merek akan semakin terpancar dan dikenal oleh masyarakat luas. Hasilnya, kepercayaan pelanggpun pun dapat terjalin, yang nantinya akan berdampak positif terutama bagi meningkatkanya angka penjualan produk.
- Pertahankan Konsistensi Dan Lakukan Inovasi
Setelah Anda menerapkan seluruh strategi branding produk di atas, langkah terakhir adalah mempertahankan konsistensi. Dalam hal ini, kita harus melakukan promosi secara rutin di berbagai platform digital. Selain itu, jangan lupa untuk terus melakukan inovasi produk agar konsumen tidak merasa jenuh dengan produk yang Anda jual. Berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk melakukan inovasi produk:
-
- Lakukan riset pasar untuk mengetahui kemauan konsumen
- Ciptakan ide produk baru
- Lakukan uji coba terhadap produk baru
- Tingkatkan pengemasan produk
- Manfaatkan teknologi dalam melakukan inovasi