Contents
Mengenal Content Marketing dan jenis jenis nya untuk pemasaran
Dalam digital marketing, content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam menarik pelanggan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa strategi ini 3x lebih efektif menghasilkan leads dibanding dengan pemasaran secara konvensional. Jadi, tidak heran jika konten marketing semakin banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dan perusahaan.
A. Apa Itu Content Marketing?
Pemasaran konten (content marketing) adalah salah satu contoh digital marketing yang terfokus kepada perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten kepada target audiens untuk mendorong tindakan yang menghasilkan keuntungan.
Strategi ini bukan cuma sekadar menjejali audiens dengan berbagai macam konten, melainkan menawarkan nilai (value) melalui konten yang dibuat. Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.
Pasalnya, menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah proses membuat dan menyebarkan konten yang relevan, bernilai, dan konsisten untuk menjangkau target audiens, dengan tujuan meningkatkan konversi.
Jadi, kunci penting dalam konten marketing harus memenuhi tiga syarat utama, yaitu relevan, bernilai, dan konsisten. Pertimbangkan apa manfaat konten untuk audiens kita, apakah konten tersebut ada keterkaitannya dengan bisnis, produk dan layanan yang kita tawarkan.
Selain itu, diperlukan konsistensi dalam membuat konten sehingga manfaatnya dapat dirasakan bagi bisnismu. Dengan begitu, konten marketing akan berhasil membangun relasi jangka panjang dengan target audiens.
B. Tujuan Content Marketing bagi Bisnis
Setelah mengetahui pengertian content marketing, sekarang kita akan mengetahui tujuan menerapkan content marketing untuk bisnismu. Beberapa tujuannya sebagai berikut:
- Meningkatkan brand awareness
Membangun dan meningkatkan brand awareness adalah salah satu tujuan utama content marketing. Lebih dari sekadar pengenalan akan brand, tapi juga memahami value dan kualitasnya sehingga brand kita mampu menjadi top of mind di mata konsumen.
Jika brand kita sudah mencapai level top of mind, maka. Contohnya seperti brand air minum Aqua, orang-orang bahkan sering mengatakan ‘membeli Aqua’ padahal seharusnya ‘membeli air mineral’. Untuk mencapai level top of mind ini kita harus memberikan konten yang menarik dan berkualitas serta melakukannya dengan konsisten.
- Meningkatkan konversi
Content marketing menjadi hal yang penting karena terbukti meningkatkan conversion rate. Menurut studi dari Abeerden Group, strategi pemasaran konten yang baik mampu meningkatkan konversi hingga 6x lipat. Rata-rata conversion rate untuk website yang melakukan strategi konten adalah sebesar 2,9%, sedangkan website yang tidak menggunakan strategi konten marketing hanya mendapat rata-rata konversi sebesar 0,5% saja.
- Membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan
Tujuan strategi content marketing adalah membangun loyalitas pelanggan. Sebab, melakukan strategi pemasaran konten yang baik dan tepat dapat memperkuat brand image di mata pelanggan. Jika sudah mendapat kepercayaan dari konsumen, mereka cenderung akan kembali melakukan transaksi dengan brand kita.
- Mengendalikan biaya pemasaran
Dilansir dari Demand Metric, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan strategi konten marketing 62% lebih rendah dibanding dengan kegiatan marketing secara tradisional. Meski demikian, content marketing terbukti lebih efektif menjangkau pelanggan terlebih di era digital saat ini. Dengan melakukan strategi konten marketing, kita bisa mengendalikan biaya pemasaran.
- Mengoptimalkan SEO
Konten dalam bentuk artikel yang dipublikasikan pada website dapat meningkatkan kualitas SEO website. Hal ini berpengaruh baik ntuk meningkatkan traffic sebanyak-banyaknya. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimasi SEO, misalnya optimasi kata kunci (keyword), headline (judul), meta description, juga gambar yang relevan dengan topik.
Selain itu, salah satu faktor sebuah website memiliki kualitas SEO yang baik adalah performa website itu sendiri. Untuk itu, pastikan kita menggunakan layanan cloud hosting terbaik supaya website kita bukan cuma cepat, tapi juga aman, dan bisa diandalkan.
C. Bentuk dan Jenis Content Marketing
Ada banyak bentuk content marketing untuk mengeksekusi strategi pemasaran. Dilansir dari Semrush, berikut beberapa tipe konten yang sering digunakan: Survei terhadap 1.500 marketer di berbagai negara dalam dua tahun terakhir menunjukkan konten dalam bentuk blog paling diminati pebisnis dalam menjalankan strategi konten marketing.
- Blog post
Berbagi artikel di blog adalah salah satu taktik yang paling sering digunakan bagi bisnis yang menjalankan konten marketing. Blog merupakan salah satu elemen fundamental untuk menarik trafik ke website. Hal ini tentu berpengaruh besar dalam menyukseskan tujuan pemasaran.
Buatlah artikel yang informatif sesuai target audiens dengan topik yang relevan dengan bisnismu. Gunakan kalimat yang mudah dipahami agar audiens merasa terbantu dengan artikelmu.
Jangan lupa perhatikan dari segi SEO-nya, karena akan membawa trafik yang besar untuk blogmu. Berikut beberapa ide topik konten blog yang bisa kita manfaatkan:
-
- Artikel tutorial
- Kabar terkini dan insight yang masih relevan dengan bisnis
- Tips dan trik
- Rekomendasi
- Daftar listicle
- Perbandingan, dan lain sebagainya
- Social media
Social media content marketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang banyak diterapkan bagi bisnis. Menurut Data Reportal, ada lebih dari 4 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Lebih jauh lagi, penelitian menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang yang ada di internet menggunakan sosial media.
Hal ini menjadi alasan kenapa banyak perusahaan melakukan social media marketing untuk mencapai tujuan pemasarannya. Pemasaran konten di sosial media bisa dilakukan di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.
- Infografik
Di era digital, internet menjadi sumber informasi bagi banyak orang. Namun, informasi akurat dari data, penelitian atau tulisan yang panjang membuat orang kesulitan untuk membacanya. Infografik adalah salah satu bentuk konten yang bisa menjadi solusi untuk hal ini. Infografik menampilkan informasi yang rumit ke dalam bentuk yang mudah dipahami. Infografis ini bisa berbentuk gambar, statistik, dan teks. Jika ingin membagikan hal yang bersifat edukatif atau sesuatu yang kompleks, infografis akan membantu menyederhanakannya kepada audiens sehingga mudah dimengerti dan dibagikan untuk banyak orang.
- Video
Membuat konten video adalah cara yang cerdas dalam melakukan pemasaran di era digital. Pasalnya, video memang efektif untuk menunjang aktivitas konten marketing. Menurut penelitian dari Wyzowl, 69 persen konsumen lebih tertarik mempelajari produk atau layanan sebuah brand dari video. Hal ini jadi suatu alasan kenapa kita harus mempertimbangkan penggunaan video untuk tujuan marketing. Selain itu, video marketing dapat membantu menjangkau pasar yang potensial, meningkatkan jumlah konversi, dan ROI. Kita bisa membagikan konten video di berbagai platform, misalnya pada website, landing page, atau berbagai channel media sosial.
- Podcast
Podcast adalah salah satu bentuk konten yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran. Percakapan dengan topik menarik yang dibawakan secara santai dan ringan dapat membantu audiens mengenali brand-mu. Kepopuleran konten podcast saat ini semakin meningkat. Pasalnya, podcast bisa didengar kapanpun alias on-demand oleh khalayak luas melalui internet. Kita bisa pertimbangkan bentuk konten ini sebagai bagian dalam strategi konten marketing-mu.
- Ebook
Untuk beberapa jenis industri bisnis, ebook bisa dimanfaatkan sebagai bentuk konten untuk tujuan pemasaran. Pengunjung website dapat mengunduh ebook setelah mengisi formulir dengan informasi email, info kontak, dan sebagainya. Ini merupakan cara yang efektif untuk menjaring leads atau orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan. Ketimbang artikel blog, ebook berisi panduan dan pembahasan yang lebih mendalam terhadap suatu topik. Selain menjaring leads, membuat konten yang bermanfaat seperti ebook dapat meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis sebagai pembuktian bahwa perusahaan tersebut memang ahli di bidangnya.
- Template
Selain ebook, kita juga bisa memanfaatkan template dalam menjalankan strategi konten marketing. Membagikan konten dalam format template lebih mudah, sekaligus dapat membantu banyak orang. Kita bisa lihat contoh-contoh template yang banyak beredar di internet, misalnya template presentasi, perencanaan, undangan, CV, dan sebagainya. Kalau bisnismu bergerak di bidang yang lebih spesifik, kita bisa membuat template website, marketing plan, bisnis plan, dan lain sebagainya. Selain lebih praktis dalam pembuatannya, template dapat membantu menjaring leads. Bisnismu akan memiliki nilai lebih di mata konsumen.
- Webinar
Webinar adalah salah satu bentuk konten yang bisa dimanfaatkan dalam menjalankan konten marketing. Melalui webinar, kita bisa memberikan edukasi kepada khalayak luas, sekaligus mempromosikan brand. Cari topik dan narasumber menarik, yang tentunya masih relevan dengan bisnismu.