Setelah mempelajari materi pada bab, ini siswa dapat mengidentifikasi bagianbagian e-mail, menjelaskan pengertian e-mail, cara kerja, serta kekurangan dan
kelebihan e-mail, mendeskripsikan sejarah e-mail, dan membuat akun e-mail.
Pengertian E-mail : E-mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam internet yang berfungsi sebagai tempat atau alat untuk mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia.
C. Fungsi E-Mail
1. Menerima Dan Mengirim Pesan
Keberadaan e-mail memungkinkan kita dapat menerima dan juga mengirimkan pesan dengan sangat cepat. Kecepatan dalam mengirim dan menerima e-mail tersebut sangat tergantung pada kecepatan jaringan internet di daerah setempat. Pesan yang bisa kita terima maupun kita kirim tidak hanya dalam bentuk teks saja, tetapi bisa dalam bentuk file dokumen, suara, video, gambar, hingga tautan.
2. Memiliki Identitas Diri di Dunia Maya
Dengan memiliki e-mail itu berarti orang tersebut menyimpan identitas diri di dunia maya. Saat pembuatan e-mail, kita harus memasukkan berbagai macam data yang dibutuhkan, seperti nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, hingga negara tempat tinggal. Dengan adanya informasi yang cukup detail tersebut,kita pun dapat menghubungi seseorang dengan mencantumkan alamat e-mailnya.
3. Salah Satu Cara Mendaftarkan Diri ke Sebuah Website
Seiring dengan semakin banyaknya situs-situs yang sinkron dengan alamat e-mail, kita pun dimudahkan dalam mendaftarkan akun kita pada beberapa situs tanpa harus mengisi halaman pendaftaran. Contohnya saat kita, bahkan cara mendaftar Adsense Youtube pun kita tinggal daftar saja menggunakan akun pada e-mail yang kita gunakan. Pada umumnya, akun e-mail yang dapat disinkronkan dengan banyak situs adalah akun Gmail. Oleh sebab itu, memiliki akun Gmail saat ini dirasa cukup penting.
Kelebihan dari Penggunaan E-Mail
a. Cepat
Pesan yang dikirimkan melalui e-mail dapat sampai dalam hitungan menit bahkan detik tergantung kecepatan koneksi internet. Penerima dapat langsung membaca pesan yang dikirimkan lewat e-mail walaupun lokasidirinya sedang terpisah sejauh ribuan kilometer dari si pengirim. Hal inidimungkinkan karena pesan e-mail dikirim menggunakan jaringan internet.Jaringan internet di dunia di masa sekarang terhubung satu dengan yang lainnya dengan koneksi fiber yang sangat cepat
b. Murah
Pengguna yang ingin memiliki e-mail pribadi cukup bermodal akses koneksi dengan internet. Banyak sekali penyedia layanan e-mail gratis yang dapat menyediakan kemampuan mengirim, membaca, dan menyimpan e-mail dengan kapasitas yang sangat besar yakni sekitar 15 GB untuk Gmail. Seluruh layanan mulai dari mengirim, menerima, dan menyimpan e-mail dapat di peroleh dengan gratis.
c. Praktis
Berkirim surat melalui e-mail terasa sangat praktis. Kita dapat menyertakan foto, KTP, CV, Ijazah, dan lain-lain tanpa harus mencetak dokumen tersebut ataupun mengantri lama dan yang paling penting, data yang telah kita kirimkan akan tersimpan rapi pada halaman direktori e-mail kita. Jika
sewaktu-waktu kita membutuhkannya lagi, dokumen tersebut dapat dengan mudah disertakan ulang untuk pengiriman ke e-mail lainnya.
d. Aman
E-mail dapat diamankan dengan menggunakan password milik kita sendiri. Teknologi pengiriman e-mail yang ada sekarang juga menjamin bahwa e-mail kita terenkripsi dan hanya dapat dibaca oleh penerima e-mail yang kita tuju.
e. Rapi
E-mail yang kita kirimkan akan tersimpan dengan aman pada media penyimpanan yang sudah disediakan oleh penyedia layanan -e-mail. Kita juga dapat mengurutkan e-mail sesuai dengan tanggal masuk, pengirim, dan juga parameter lainnya. Bahkan e-mail yang masuk ke inbox kita bertahuntahun yang lalu pun dapat kita cari berdasarkan kata atau isi yang ada pada e-mail, ataupun tanggal pengimannya.
2. Kekurangan dari Penggunaan E-Mail
a. Tergantung pada Koneksi Internet
Saat tidak memiliki akses koneksi ke internet, kita tidak dapat mengirim ataupun membaca e-mail. Hal ini menjadi batasan bagi seseorang yang tinggal di daerah yang minim koneksi internet. Jika koneksi internet yang kita miliki lambat, maka ada kemungkinan pesan yang kita kirim akan lama ter-upload ke server dan menyebabkan lamanya proses pengiriman e-mail. Bahkan jika koneksi internet kita tergolong sangat lambat, akan ada kemungkinan bahwa e-mail kita akan gagal terkirim ke penerima. Hal ini juga berlaku untuk notifikasi penerimaan e-mail. Jika koneksi kita sangat lambat, kita akan terlambat menerima notifikasi mendapatkan e-mail baru sehingga e-mail yang telah sampai ke kita memiliki delay yang cukup lama.
b. Salah Kirim
Bila sampai kita salah mengirim e-mail, maka ini memungkinkan
penyalahgunaan terhadap isi e-mail yang dikirim, terlebih lagi jika itu adalah dokumen-dokumen penting.
c. Tergantung Hardware untuk Mengakses E-Mail
Jika pada suatu waktu hardware kita, baik itu tablet, komputer, ataupun laptop sedang bermasalah, kita tentu tidak dapat menggunakan e-mail.
d. Tidak Semua Orang Bisa Menggunakan E-Mail
Bagi yang pernah menemui orang yang tidak tahu sama sekali mengenai apa itu e-mail, baik itu orang tua, atasan, ataupun teman, kita harus menyadari bahwa memang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu e-mail dan bagaimana cara menggunakannya. Hal ini membuat kita tidakdapat bergantung pada e-mail setiap saat
E. Klasifikasi E-Mail
1. Pop Mail/ E-Mail Berbasis SMTP
E-mail berbasis SMTP/POP (simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah jenis e-mail yang dapat dibaca tanpa harus tersambung dengan internet atau dapat dibaca dengan keadaan offline. Namun jenis e-mail ini tidak
dapat diakses disembarang tempat dengan kata lain harus connect ke server SMTP/POP mail.
2. E-Mail Forwading
Alamat e-mail yang sebenarnya dapat disembunyikan dan tidak perlu memberi tahu jika memiliki e-mail baru.
3. E-Mail Berbasis Web
Web based e-mail adalah e-mail yang ditawarkan oleh berbagai website. Web based e-mail ini menggunakan browser seperti mozila firefox, internet explorer, dan web lainnya sebagai perantara ke e-mail. E-mail ini dapat diakses dari mana saja namun harus dalam keadaan online atau harus dalam keadaan tersambung dengan internet. Contohnya: yahoo!, mail, dan g-mail.
Bagian E-Mail:
Sebuah alamat e-mail terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. User id
Sebuah e-mail diawali oleh tanda @. Tanda @ adalah user id yang menunjukan identitas pemilik e-mail. User id dapat berupa nama (nama pemilik/nama instansi), singkatan nama, nickname (nama pendek/panggilan) dan nomor.
2. Domain Name (hostname)
Tempat dimana sebuah e-mail (E-mail server) disimpan ditunjukan oleh identitas domain. Domain name ditulis setelah user id. Contohnya gmail.com, yahoo.com dan lain-lain.
G. Cara Kerja E-Mail
Sebenarnya cara kerja E-mail ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan E-mail kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.
Berikut ini adalah proses cara kerja e-mail secara singkat:
1. Pemilik e-mail membuka e-mail-nya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
2. Selanjutnya, pengguna e-mail tersebut memberikan instruksi pada aplikasi e-mail untuk mengirimkan pesan pada alamat e-mail lainnya.
3. E-mail server akan mengidentifikasi alamat e-mail tujuan lalu mengirimkan pesan tersebut ke e-mail server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan.
Terkadang sebuah e-mail dikirim melalui beberapa e-mail server tergantung rute yang dilaluinya.
4. Ketika pesan e-mail terkirim ke alamat e-mail penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di e-mail server sehingga penerima membukanya.
5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos/inbok, maka aplikasi e-mail penerima akan meminta e-mail baru yang ada e-mail server lau mengunduhnya kedalam komputer si peneriam e-mail.
6. Selanjutnya penerima e-mail dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi
1. Cara Mengelola E-mail
E-mail adalah alat yang hebat jika kita mempelajari bagaimana cara untuk mengelolanya. Mengelola e-mail dengan baik dapat meningkatkan produktivitas kita ketika berhadapan dengan kotak masuk, terutama jika jumlah pesan yang masuk cukup banyak.
Berikut ini adalah cara untuk mengelola e-mail seperti seorang ahli:
a. Mengatur Kerangka Waktu
Seringkali kita membuang banyak waktu untuk membaca, menghapus, dan membalas e-mail. Dikarenakan hal tersebut, cobalah untuk menetapkan berapa lama waktu yang akan gunakan untuk mengecek e-mail setiap harinya, misalnya dengan menetapkan waktu pemeriksaan e-mail maksimal
30 menit setiap pagi, siang, sore, dan malam, kecuali jika ada keperluan penting ataupun mendesak.
b. Gunakan Gmail
Dengan menggunakan e-mail berbasis web yang berbeda, maka itu berarti membuang waktu. Karenanya, akan lebih baik jika kita dalam beralih ke Gmail karena akan membuat kita jauh lebih produktif. Kita dapat beralih ke Gmail tanpa mengubah alamat e-mail asli kita sebelumnya. Kami menganjurkan penggunaan Gmail, bukan sebagai penggemar mati-keras
c. Prioritaskan Menggunakan Label/Folder
Memilah mana surat penting dan mana yang tidak penting sangatlah penting. Jika Anda menggunakan Gmail, maka aturlah filter yang akan melakukan pekerjaan secara otomatis dengan menerapkan label atau re-routing mail yang masuk. Dari semua klien e-mail lain, ada folder yang dapat digunakan untuk memprioritaskan e-mail. Anda dapat membuat folder bernama “teman”, “Balas hari ini”, dan lain sebagainya sehingga ketika Anda membuka kotak masuk, maka e-mail yang masuk akan segera berpindah ke masing-masing folder yang telah dibuat sebelumnya.
d. Jadilah Precise
Berusalah untuk dapat menjawab e-mail dengan tepat dan to the point. Anda bahkan bisa melewatkan ‘Halo’ dan ‘Salam’ jika surat itu tidak formal. Pelajarilah untuk menggunakan satu kalimat efektif. Jika Anda menggunakan e-mail berbasis web dan Firefox sebagai browser, maka ada beberapa add-ons seperti E-mail Tempel yang dapat membantumu untuk menyisipkan teks berulang ke dalam e-mail dengan satu atau dua klik.
e. Menghapus E-mail yang Tidak Penting
Dengan membaca beberapa baris isi dari sebuah e-mail, Anda dapat dengan mudah menyimpulkan apakah e-mail itu layak dibaca. Jika tidak layak, Anda dapat langsung menghapusnya tanpa berpikir dua kali. Segera bertindaksaat Anda pertama kali melihatnya, baik itu dengan langsung membalas ataupun menghapus.
f. Jangan Menunda Hingga Hari Berikutnya
Cobalah untuk menyelesaikan membalas e-mail dan kliring kotak masuk dalam jangka waktu yang sudah Anda jadwalkan sebelumnya. Jika e-mail masuk tertunda, maka hari berikutnya menjadi jauh lebih sulit bagi untuk untuk menyaring kotak masuk. Semakin lama ditunda, maka kotak masuk itu
akan seperti bola salju yang semakin menggelinding akan menjadi semakin besar.
g. Cara Aman Menggunakan E-mail
E-mail adalah fasilitas komunikasi murah meriah, dengan e-mail kita bisa kirim terima pesan dalam bentuk teks, dokumen hingga file gambar, musik dan video. Akan tetapi, e-mail kadang disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk dijadikan sebagai sarana iklan promosi yang tidak dikehendaki pemilik e-mail atau e-mail palsu yang berisi program tipuan. E-mail palsu seperti ini biasanya disebut e-mail spam. Berikut adalah cara aman menggunakan e-mail:
1) Jangan lupa untuk selalu Log Out atau Keluar setiap kali Anda selesai menggunakan akun e-mail.
2) Hindari memakai fasilitas umum seperti warnet, kantor, sekolah, kampus, dan lain sebagainya, kecuali bila mendesak atau bila tidak memiliki koneksi internet pribadi.
3) Jangan ikut atau mendaftarkan e-mail pada program internet yg tidak jelas manfaatnya. Bila Anda mendaftar di situs tertentu dan ditawari untuk menerima informasi/berita yang tidak dikehendaki, sebaiknya jangan ikut atau hilangkan tanda centang program yang ditawarkan.
4) Hindari ikut program mailing list atau program berita dan iklan via e-mail,karena hanya akan membuat e-mail Anda penuh dengan e-mail spam (sampah).
Bila akun e-mail kita sering menerima e-mail spam, Anda bisa menghentikannya dengan cara:
a. Buka e-mail spam tersebut.
b. Klik link unsubscribe di bagian bawah e-mail. Bila link unsubscribe tidak ada, klik fasilitas Report Spam di akun yang terletak di bagian menu sebelah atas atau sebelah kiri.
c. Hindari menampilkan alamat e-mail di fasilitas umum, seperti forum, situs iklan baris, twitter, facebook, dsb.
d. Waspadai situs phishing. Situs phishing adalah situs palsu yang tampilannya menyerupai situs aslinya. Terkadang pemilik situs ini mengirimkan e-mail dan mengabarkan ada masalah dengan akun kita, serta meminta supaya kita segera login untuk konfirmasi. Jadi, sebelum login, pastikan alamat situs yang Anda ketik/browser sudah benar.
e. Setelah selesai menggunakan akun (E-mail, Facebook, Paypal, dan lain-lain), bersihkan history dan cache yang tersimpan di browser.
f. Lengkapi komputer Anda dengan antivirus (terbaru), anti-malware (terbaru), dan deepfreeze
B. Sejarah E-mail
Bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN), perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Penelitian ini diawali oleh eksperimen Ray terhadap SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan
menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray merupakan e-mail yang pertama di dunia dikenal dengan “QWERTYUIOP”. Setelah
itu, pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Pada tahun 1988, program e-mail pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. E-mail ini pertama kali ditulis oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari
nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client E-mail pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul e-mail ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client e-mail dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client e-mail tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tetapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browse
cakrawala
Yahoo, Akhir Tragis Raja Internet Era 1990-an Yahoo sangat populer dan menjadi portal yang digunakan ratusan juta orang untuk mencari berita tentang apa pun dan informasi tentang cuaca. Pengguna
internet memanfaatkan mesin pencari Yahoo, surat elektronik Yahoo (Yahoo Mail), pesan singkat Yahoo (Yahoo Messenger), dan Flickr (dokumentasi foto). Semua produk Yahoo menjadi tren dunia pada masa itu dan sukses mengubah dunia. Namun, Yahoo tampaknya “menikmati zona nyaman” dan lupa berinovasi. Yahoo membiarkan setiap gelombang teknologi baru muncul dalam mesin pencari, media sosial, dan dunia bergerak (mobile) dan abai mengikuti perubahan keinginan pengguna internet.
Harga jual Yahoo hari ini menunjukkan bahwa masa kejayaan Yahoo sudah lama berakhir. Tahun 1998 ketika Google lahir, Yahoo menolak membeli Googledengan harga 1 miliar dollar AS. Tahun 2002, Yahoo menyadari kesalahannya dan menyatakan berminat membeli Google dengan harga 3 miliar dollar AS, tetapi pemilik Google mematok harga 5 miliar dollar AS, dan Yahoo menolak membeli Google seharga itu. Pada 2008 silam, sebenarnya Microsoft sudah bersedia membayar lebih dari 45 miliar dollar AS untuk membeli Yahoo, tetapi tawaran Microsoft itu ditolak oleh co-founder Yahoo, Jerry Yang. Dan pada 25 Juli 2016,
harga Yahoo yang pernah bernilai 125 miliar dollar AS itu hanya 4,83 miliar dollar AS. Sungguh akhir yang ironis dan tragis bagi raja internet era 1990-an itu
—