Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa dapat menjelaskan pengertian, teknik, dan faktor SEO off-page, mempresentasikan cara kerja dan keyword SEO off-page, dan membuat keyword SEO off-page

SEO off-page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Jika di SEO on-page hanya berkutat pada faktor-faktor SEO internal website, maka SEO off-page menuntut optimasi dari faktor-faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud di sini adalah dari inbound link/backlink hingga share di media sosial.

B. Faktor SEO OFF-PAGE
Untuk mengoptimalkan SEO OFF-PAGE, kita harus menyebarkan link website tersebut ke seluruh internet. Dengan begitu, maka akan membangun jaringan website atau istilah mudahnya membangun backlink. Maka dari itu, kita memerlukan backlink yang berkualitas.
Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi optimalisasi SEO off-page:

1. Kualitas Backlink
Kualitas backlink adalah salah satu faktor yang mempengaruhi optimasi off-page SEO Anda. Jika website backlink berkualitas baik maka mesin pencari akan memberikan nilai yang besar terhadap backlink tersebut. Pastinya setiap website memiliki nilai yang berbeda.

Untuk menilai apakah backlink tersebutberkualitas atau tidak, yaitu:
a. Reputasi website
b. Keaktifan website
c. Kesamaan topik
d. Penempatan backlink dalam website
e. Dofollow & nofollow
f. Kesamaan bahasa
g. Umur backlink

2. Anchor Text
Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink untuk menuju ke website. Untuk mengoptimalkan off-page SEO sebaiknya kita memberikan anchor text sesuai dengan keyword link tersebut, sehingga membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website tersebut dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat. Hanya saja, penggunaan anchor yang sama berulang-ulang tidak akan memberikan dampak positif lagi melainkan bisa mendapatkan penalti dari mesin pencari.

3. Jumlah Backlink
Semakin banyak backlink yang didapatkan oleh sebuah website, akan memberikan tambahan nilai pada website tersebut. Akan tetapi, pastikan backllink tersebut memiliki kualitas yang baik. Karena jika backlink tersebut tidak memiliki kualitas yang baik, maka backlink tersebut tidak akan terhitung oleh mesin pencari.

4. Keberagaman Backlink
Keberagaman backlink juga menjadi satu faktor penting. Pastikan backlink tersebut memiliki jenis yang beragam. Karena jika hanya menggunakan satu jenis backlink, maka hal tersebut tidak akan memberikan efek yang optimal.Berikut ini beberapa jenis backlink :
a. Contextual link
b. Blog comment
c. Directory

C. Teknik SEO OFF-PAGE
Ada 2 metode teknik SEO off-page, yaitu:
1. Metode kuno SEO off-page
a. Promosi Melalui Forum
Meskipun tidak merugikan namun metode ini memakan waktu yang banyak. Anda diminta untuk menyebutkan brand Anda di berbagai forum yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lebih baik Anda menghabiskan waktu untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam bisnis Anda.

b. Memasukkan Website dalam Mesin Pencari
Cara ini menjadi cara yang dulu umum digunakan untuk memastikan website Anda muncul dalam pencarian Google dan Bing. Namun, dengan semakin sulitnya algoritma mesin pencari, cara ini dianggap tidak lagi memberikan hasil.

c. Direktori Artikel
Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu cara lama yang umum dilakukan dalam pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan. Saat Google Panda muncul, website direktori ini merupakan kategori website pertama yang mengalami penurunantrafiicyang signifikan.

d. Website Direktori
Ini merupakan cara yang dulunya dianggap ampuh namun kini website ini dianggap tidak berguna. Website ini jarang dikunjungi karena Google kini telah menggantikan kegunaan website direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.

e. Sosial Bookmarking
Mengikuti forum sosial media seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberikan hasil yang baik jika brand Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan. Hal ini disebabkan website seperti ini di perbaharui dengan cepat sehingga jika Anda mengunggah sesuatu, postingan Anda bisa hilang keesokan harinya.

f. Penggunaan Sosial Media
Mungkin menurut Anda semakin banyak sosial media yang Anda miliki semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic. Banyak sosial media yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Anda memerlukan jaringan sosial yang berkaitan untuk membantu promosi yang baik. Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis And sehingga Anda bisa berkonsentrasi dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.

2. Metode baru SEO off-page

a. Link Building
Metode ini merupakan metode off-page yang paling populer dan efektif.Saat kita memberikan link eksternal suatu dalam konten, kita berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor. Serupa dengan konten, kita harus memastikan untuk mendapatkanbacklinksyang berkualitas.Backlinksyang banyak namun
tidak berkualitas tidak lebih baik dibandingkan sedikitbacklinksnamun dari link yang berkualitas. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link:
1) Website yang terpercaya
2) Konteks yang relevan dengan isi konten
3) Popularitas daribacklinks
4) Teks untuk link harus mendeskripsikan konten dari link target dalam beberapa kata.
5) Link natural dan bukan berbentuk seperti java script.
6) Guest Posting adalah kita menulis di blog/website lain atau sebaliknya.

b. Media Sosial
Hampir semua orang memiliki media sosial. Selain untuk bersosialisasi dan bersenang-senang, media sosial ini juga bisa digunakan untukoff-pageSEO. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan traffic. Meskipun link yang ditemukan di media sosial biasanya adalah no-follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga. Mempromosikan brand di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.
Semakin banyak orang menemukan profil kita, semakin besar kesempatan mereka mengunjungi website kita tersebut. Media sosial bisa menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pengunjung ke website melalui profil kita.

c. Local SEO
Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik, metode Local SEO juga semakin populer. Meskipun terlihat serupa dengan SEO biasanya, kedua SEO ini sangat berbeda, di mana Local SEO berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna saat itu.

Untuk menggunakan Local SEO, gunakanGoogle Places for Business Pagedan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+. Google baru-baru ini menyatakan bahwa 87% orang menggunakan
ponsel mereka dalam perjalanan. Selain itu, 95% pengguna ponsel mencari informasi lokal melalui ponsel mereka.

D. Faktor SEO OFF-PAGE yang Mempengaruhi Rangking Website
Berikut adalah beberapa faktor penting yang membantu metode off-page SEO dan menaikkan peringkat halaman:
1. Inbound Links
Dalam menaikkan peringkat sebuah website di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke website tersebut. Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website dihitung sebagai suara
dukungan bagi website itu sendiri. Semakin banyak link menuju website tersebut, itu berarti semakin banyak suara dukungannya di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya. Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

2. Anchor Text
Anchor text merupakan teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikanoff-pageSEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat. Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

3. Kualitas Link
Tidak semua link memiliki nilai yang sama. Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula. Website yang biasanya dikategorikan sebagai website yang terpercaya biasanya merupakan:

a. Website dengan domain .edu atau .gov
b. Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword.
c. Website yang sudah ada sejak lama.
d. Website yang sesuai dengan topik konten tersebut.

Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link tidak berkualitas.

4. Kecepatan Link Building
Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam SEO off-page. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika website tersebut
masih tergolong baru). Mesin pencari bisa mengetahui kecepatan link building yang baik sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar.

E. Aplikasi SEO OFF-PAGE
Untuk melakukan sendiri SEO website atau online shop, ada banyak aplikasi/ tools yang bisa kita gunakan untuk memudahkan proses SEO yang dilakukan, baikyang gratis ataupun yang berbayar.
Berikut aplikasi SEO off-pageyang dapat digunakan agar hasil optimasi lebih maksimal:

1. Google Analytics
Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, e-mail marketing, dan juga tautan
yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google.

Dengan menggunakan Google Analytics kita dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang mengarah pada situs web kita. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan
menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

Aplikasi gratis ini (ada yang versi berbayar juga untuk enterprise) sangat berguna untuk mengetahui data-data visitor website, misalnya:
a. Jumlah page views
b. Jumlah new visitor
c. Jumlah returning visitor
d. Dari browser apa pengunjung website Anda berasal
e. Dari mana pengunjung website Anda berasal (dari Google, ketik langsung,atau dari referensi website lain)
f. Halaman apa yang dikunjungi dan berapa lama
g. Persentase bounce rate di website
h. Keyword yang mendatangkan visitor

Cara pakai:
Langkah yang dilakukan yaitu harus memiliki akun Google dulu untuk login dan melakukan validasi di website yang sedang dioptimasi. Untuk login Google Analytic bisa kunjungi https://www.google.com/analytics dan saat artikel ini ditulis Google Analytics telah tersedia juga aplikasinya di Android dan iOS

Backlink, alias link yang mengarah ke sebuah website, memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam SEO. Jika sebuah website mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak, berkualitas, dan relevan, maka semakin besar potensinya untuk bertengger di halaman 1 Google. Artinya, jika kompetitor
Anda memiliki posisi yang bagus di Google, bisa jadi dia memiliki banyak backlink dari website lain. Nah, logika sederhananya, jika kita bisa mengetahui dari mana saja backlink tersebut berasal, kita juga bisa mendapatkan backlink yang sama dengan kompetitor kita.
Untuk itulah aplikasi untuk mengecek backlink ini digunakan. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya (tergantung tool yang digunakan):
a. Mengetahui jumlah backlink kompetitor Anda dan dari mana saja sumbernya.
b. Mengetahui Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari backlink tersebut.
c. Mengetahui Page Rank (PR) dari backlink tersebut.
d. Mengetahui apakah backlink tersebut dofollow atau nofollow.
e. Mengetahui anchor text dari backlink tersebut

Beberapa tools backlink yang umumnya digunakan pelaku SEO:
a. Ahrefs(berbayar)
b. MOZ(berbayar)
c. SEM rush(berbayar)
d. Majestic SEO (berbayar)
e. Rank Signals(gratis)

3. Aplikasi untuk Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)
Domain Authority dan Page Authority adalah sebuah sistem scoring (alogaritma) yang dikembangkan oleh perusahaan software SEO yang berbasis di Amerika, yaitu MOZ. Secara sederhana, jika sebuah website memiliki PA dan DA yang tinggi, maka semakin besar peluangnya untuk memiliki posisi yang
bagus di Search engine. Lalu, buat apa mengetahui PA dan DA sebuah website? Hal ini berguna pada saat kita melakukan link building untuk SEO. Menurut
Google, link berkualitas adalah link yang berasal dari website yang berkualitas juga. Nah, salah satu tolak ukur “berkualitas” ini adalah dilihat dari DA dan PA sebuah website.
Salah satu tool yang bisa dipakai adalah add-on SEO dari MOZ yang bisa dipasang di browser Chrome dan Mozilla secara gratis. Setelah add-on tersebut terpasang di browser Anda, maka Anda bisa langsung mengetahui PA dan DA sebuah website pada saat Anda mengunjunginya

4. CopyScape
Sejakupdate alogaritma Panda dari Google, konten jiplakan harus dihindari jika ingin melakukan SEO. Tapi kalau harus cek satu per satu apakah ada konten jiplakan di setiap halaman website tentu akan repot sekali. DenganCopyScape, Anda cukup memasukkan URL website dan sistem akan melakukan pengecekan
apakah ada halaman yang memiliki konten duplikat, atau malah sebaliknya, apakah ada website lain yang menjiplak konten Anda. Tool ini tersedia yang gratis (dengan fitur yang dibatasi) dan yang berbayar.

F. Keuntungan SEO OFF-PAGE
1. Meningkatkan peringkat dalam pencarian google Penggunaan SEO off-page akan meningkatkan perambatan mesin pencarian google sehingga memunculkan website pada halaman utama google. Semakin bagus teknik yang digunakan maka semakin cepat peningkatan posisi dalam pencarian google.

2. Meningkatkan Ranking Halaman Website
Page rank merupakan salah satu algoritma yang melakukan pemeringkatan website dalam laman pencarian google. Dengan algoritma ini dapat diketahui bagaimana posisi website dibandingkan dengan website lain baik secara nasional maupun global. Dengan demikian dapat diketahui juga bagimana popularitas website dibandingkan dengan website lain.

3. Mendapatkan unique visitor website
Unique Visitor merupakan jumlah pengunjung dari IP tertentu ke website pada kurun waktu tertentu. Banyaknya unique visitor menjadi salah satu tolok ukur penilaian akan keberhasilan sebuah website. Semakin banyak unique visitor maka akan semakin besar kemungkinan sebuah website untuk suskses.

4. Reputasi website
Reputasi website adalah catatan tentang bagaimana kualitas website di laman pencarian Google. Untuk mengetahui reputasi sebuah website dapat dilakukan pengukuran terhadap baik dan buruknya sebuah website dalam pencarian google. Pemantauan terhadap reputasi penting dilakukan untuk menjaga website agar terus menurus mendapat penilaian baik dalam pencarian google. Dengan reputasi yang baik akan membuat mesin pencari google dapat melakukan perambatan dengan cepat dan memunculkan pada halaman utama google. Namun jika sebaliknya google akan melakukan langkah-langkah untuk membatasi perambatan dan berakibat pada menurunnya kualitas website di laman pencarian google

Untuk Praktikum Silahkan Klik