Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa dapat menjelaskan pengertian SEO dan SERP, pengertian dan manfaat SEO on-page,menyeleksi kata kunci, mendeskripsikan cara kerja, dan membuat kata kunci SEO on-page.

Istilah SEO on-page atau biasa disebut juga sebagai On-page SEO adalah serangkaian proses optimalisasi, optimalisasi dilakukan oleh Website Owner atau Web Master. Proses optimalisasi konten website diharapkan bisa berpengaruh terhadap pengguna. Tidak hanya pengguna namun juga dalam mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan Anda
bisa menduduki pencarian halaman pertama. SEO on-page seringkali dilupakan karena dianggap membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, Anda harus sedikit bersabar kalau hendak melakukan optimasi dengan SEO on-page. Meskipun membutuhkan waktu yang lama tetapi efek yang dihasilkan cukup besar. Faktor luar memang mendukung adanya optimalisasi website. Namun banyak orang melupakan bahwa dalam melakukan optimalisasi Anda terpengaruh pada faktor dalam. Anda harus melakukan optimalisasi dari konten website Anda sendiri.

SEO masih menjadi salah satu tehnik yang efektif dan mendominasi pemasaran online serta dianggap sangat bermanfaat untuk menaikkan ranking website.
Berikut beberapa manfaat dari SEO on-page :
1. Pencarian Lokal
Hasil pencarian lokal Google adalah hal yang sangat penting dalam hasil SEO era sekarang. Hasil pencarian lokal yang tinggi akan dicapai dengan menerapkan fitur SEO on-page seperti; lokasi dalam judullanding page, Google Map, rich snippets, sitemap lokasi GEO, dan lain-lain.

2. Pemasaran Murah dan Kuat
Website berpotensi mendapat kunjungan dari hasil pencarian organik Google dengan cara yang paling murah, yaitu dengan teknik struktur halaman. Peringkat halaman juga meningkat karena kata kunci yang ditentukan dengan jelas.

3. Nilai Permanen
Nilai SEO permanen adalah aset yang didapatkan dari On-page SEO walaupun di sisi lain, pembuatan tautan ini membutuhkan biaya dan upaya konstan.

4. Menghemat Waktu
Jika dibandingkan dengan teknik SEO off-page, teknik SEO on-page mudah untuk di control, khususnya dalam mengikuti setiap pembaruan mesin pencari.

5. Tingkat Konversi Lebih baik
Dengan menggunakan SEO on-page yang layak dan lebih baik, maka akan
memperbaiki peringkat dan tingkat konversi sebuah website.

6. Meningkatkan RKPT
Optimalisasi deskripsi meta dan judul meta adalah bagian dari SEO onpage . Hal ini juga mengarah pada peningkatan Rasio Klik-tayang untuk hasil organik. Dengan cara ini, sebuah website tidak hanya muncul di hasil pertama Google, tetapi juga dipastikan akan diklik oleh pengguna pada hasil tersebut.

7. Lebih Banyak Sumber Lalu Lintas Organik
Gambar dan video perlu dioptimalkan untuk meningkatkan landing page yang tidak hanya menarik pengunjung dari hasil Penelusuran Google, tetapi
juga dar gambar, video, atau bahkan YouTube Google

8. Kecepatan Halaman
Kecepatan halaman yang tinggi membuat optimasi SEO yang sempurna untuk sebuah website. Hal ini akan membawa kemungkinan peningkatan tingkat konversi website yang mengarah ke peringkat yang lebih tinggi.

D. Keyword dalam SEO ON-PAGE

Keyword berarti sebuah kata-kata atau kalimat yang digunakan oleh pengguna internet dalam mendapatkan sebuah informasi.Kata kunci yang digunakan oleh para pengguna internet tersebut dapat berupa sebuah kata atau untaian kata yang panjang dalam membantu menemukan informasi yang dibutuhkan.

Jenis-jenis Keyword:
1. Short Tail Keyword
Short tail keyword merupakan jenis kata kunci yang menggunakan satu atau dua kata sebagai target pecarian pada search engine (Google). Jenis keywordini biasanya memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Jadi, keyword ini sangat sulit untuk dapat bersaing kecuali bila digunakan oleh para ahli yang memiliki ilmu SEO tinggi. Contoh keyword jenis ini adalah jasa SEO, digital
marketing, tips komputer, smartphone android, dan lain sebagainya.

2. Long Tail Keyword
Kata kunci ini biasanya terdiri lebih dari 3 kata. Long tail keyword juga diketahui sebagai kata turunan dari sebuah short tail keyword. Bagi pemula,keyword jenis ini lebih direkomendasikan karena tingkat persaingannya cenderung lebih rendah. Selain itu, keyword ini dapat memudahkan kita menguasai posisi teratas mesin pencari. Hanya saja kekurangan dari long tail keyword ini adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Tidak hanya itu, menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus juga terbilang sulit.

3. Keyword Musiman
Keyword ini paling banyak digunakan pada momen-momen tertentu. Kata kunci satu ini dikenal baik oleh para pengguna website. Keyword ini hanya populer dalam waktu sesaat. Contohnya “hasil pertandingan Juventus vs Real Madrid”.

4. Keyword Abadi
Keyword jenis ini menjadi keyword yang paling banyak digunakan karena merupakan hal yang harus diketahui oleh para pengguna informasi. Kata kunci ini tidak akan basi ditelan zaman. Contohnya, seperti “jasa SEO indonesia, cara riset keyword,cara membuat artikel menarik”, dan lain sebagainya.

Proses pengerjaan SEO tidak dapat selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya kita harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, kita harus memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Di bawah ini akan dijelaskan cara kerja SEO:
1. Crawling
Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Google bot dalam mesin pencarian Google.

2. Indexing
Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Proses pengindeksan ini merupakan identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

3. Processing
Pada saat mesin pencarian menerima permintaan mencari informasi tentang suatu keyword dari pengguna, contohnya ketika kita mengetikkan kata kunci “belajar SEO” pada mesin pencari, maka mesin pencari akan memproses perintah tersebut dengan membandingkan kata kunci “belajar SEO” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari tersebut.

4. Calculating Relevancy
Suatu halaman web pastilah memiliki banyak kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari sehingga mesin pencari dapat melakukan proses pencarian dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result
Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah diproses sebelumnya untuk kemudian ditampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser. Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang
tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.

F. Optimalisasi Halaman SEO ON-PAGE
Adapun cara optimasi website dengan SEO on-page adalah sebagai berikut:
1. Page Title/Judul Halaman
Judul merupakan daya tarik utama Audience untuk klik ke halaman Anda. Pastikan di setiap halaman website Anda memiliki judul yang unik dan terdiri darikeywordutama yang Anda inginkan.

2. Meta description/Meta Deskripsi
Meta deskripsi adalah 1-2 kalimat yang akan tampil dalam hasil pencarian. Deskripsi dari judul halaman yang telah dibuat. Buatlah Meta deskripsi yang relevan dan masukankeywordtambahan yang dinginkan.

3. Meta Tags
Masukkan banyak keyword yang relevan terhadap konten Anda di setiap halamannya.

4. URL yang Singkat
Gunakan URL yang singkat dan mengandung keyword karena hal ini akan mempengaruhi rangking website di mesin pencarian.

5. RelevanKeyword/Kata Kunci
Masukan beberapa keyword atau sebuah frase keyword dalam konten Anda yang relevan dengan keyword utama sehingga mesin pencari akan menganggapkeywordsutama Anda sangat penting

6. Gambar Menarik
Tambahkan gambar atau foto agar website Anda terlihat menarik dan tidak membosankan. Gambar yang digunakan juga tentunya harus relevan dengan konten dan kompres gambar agar ukuran tidak terlalu besar.

7. Internal Link
Internal link digunakan untuk menurunkan tingkat bounce rate yaitu pengunjung langsung keluar dari website Anda tanpa melakukan apapun. DenganInternal Link,pengunjung dapat mudah berkunjung ke halaman lain di dalam website Anda.

8. Kecepatan Loading Website
Pengunjung lebih nyaman dengan website yang memiliki loading singkat. Jumlah file, ukuran halaman, tema dan kualitas hosting dapat mempengaruhi waktu loading website .
SEO on-page ini terkait dengan bahasa HTML, script blogger, atau PHP untuk WordPress, maka diperlukan pemahaman mengenai bahasa HTML, blogger tag, atau PHP agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan optimasi halaman.

Rangkuman
Dalam dunia internet ada istilah search engine atau mesin pencari. Mesin pencari ini memiliki fungsi untuk menelusuri informasi yang ingin dicari. Hanya dengan mengetikan kata kunci atau keyword, maka kita dapat menemukan beberapa informasi yang dibutuhkan. Mesin pencari sendiri sangat berhubungan
dengan SEO dan SERP.
SEO (Search engine Optimization) adalah suatu teknik untuk optimasi dan memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatkan ranking kata kunci yang diiringi dengan meningkatnya pengunjung dari Search engine Google.
Sedangkan SERP (Search engine Result Page) adalah halaman yang berisi hasil pencarian dari suatu kata kunci atau keyword pada mesin pencari seperti google,yahoo, bing, MSN, dan lain sebagainya.
SEO On-page adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Beberapa manfaat dari SEO on-page, yaitu (1) Pencarian Lokal, (2) Pemasaran Murah dan Kuat, (3) Nilai Permanen, (4) Menghemat Waktu, (5) Tingkat Konversi
Lebih baik, (6) Meningkatkan RKPT, (7) Lebih Banyak Sumber Lalu Lintas Organik, dan (8) Kecepatan Halaman. Adapun cara kerja CEO, yaitu (1) Crawling, (2) Indexing,(3) Processing, (4) Calculating Relevancy, dan (5) Retrieving Result.

Untuk Praktikum Silahkan Klik