Tujuan Pembelajaran
Media sosial marketing adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga, yaitu website berbasis media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa.Akun media sosial yang sering digunakan untuk promosi seperti Twitter,Facebook,danInstagram. Melalui media ini, perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.
Mempromosikan produk secara online saat ini adalah sebuah keharusan. Pasalnya, dunia online memiliki beberapa kelebihan, misal, biayanya yang relatif murah (mulai dari budget Rp10.000 per hari saja), ketersediaan waktu yang 24/7, kemampuannya melakukan targeting dengan baik dan jangkauannya yang luas. Di Indonesia sosial media yang banyak digunakan Facebook dan Instagram.
1. Membangun dan Menarik Minat Masyarakat
Salah satu poin penting dari pemasaran melalui media sosial adalah kemampuannya untuk membangun dan menarik minat masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat media sosial adalah sebagai media promosi. Sebagai pemilik bisnis, bisa membangun
dan menarik minat mereka melalui komunikasi yang efektif atau konten-konten yang dibagikan. Bermula dari “Like” kemudian “Love” bahkan sampai membela Anda. Respon masyarakat terhadap media sosial sangat bervariasi. Mulai dari respon positif hingga negatif bisa dirasakan oleh setiap pemilik akun media sosial. Untuk mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, Anda harus memperhatikan cara pemasaran online yang efektif. Salah satunya adalah dengan memberikan konten yang mampu menjawab
pertanyaan atau kebutuhan pembaca. Ketika apa yang diinginkan telah sesuai, maka mereka akan tertarik dan mulai menyukai Anda. Sama seperti hubungan lainnya, jika semakin kuat maka akan muncul kecintaan terhadap
produk bisnis Anda. Bahkan mereka tidak segan menjadi customer service gratis untuk menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan dari konsumen lainnya melalui media sosial.
2. Media Sosial Tidak Hanya Sekadar Marketing
Media sosial bisa digunakan untuk menunjang strategi marketing bisnis Anda. Akan tetapi, manfaat media sosial tidak hanya sebagai platform marketing saja. Konten yang dibagikan juga bisa meningkatkan engagement atau interaksi dengan bisnis Anda. Ada tiga topik konten yang bisa dibagikan oleh pemilik bisnis pada media sosialnya.
a. Learn and Improve
Dengan konten ini, Anda bisa mengedukasi paracustomer dan meyakinkan bahwa produk Anda mampu mengoptimalkan kegiatan mereka.
b. Explore and Discover
Customer menginginkan hal yang kreatif dan cara-cara baru dalam menggunakan produk Anda, maka konten tipe inilah yang dibutuhkan.
c. Question and Answer
Layaknya customer service, konten jenis ini dapat berisi pertanyaan dan jawaban yang akan membantucustomermenggunakan produk Anda secara lebih baik.
3. Customer Service Melalui Media Sosial
Siapapun akan melakukan keluhan ketika menghadapi sesuatu yang berjalan tidak sebagaimana mestinya. Sekarang zaman sudah berubah. Jika dahulu keluhan lebih banyak disampaikan melalui telepon, pada era digital
seperti ini 65% customer lebih senang menyampaikan komplain melalui media sosial dibandingkan call center.
Alasannya karena media sosial lebih praktis, tidak memakan pulsa puluhan ribu, dan juga lebih cepat dibaca oleh admin. Sayangnya banyak di antara pemilik bisnis yang masih belum mengetahui manfaat media sosial sebagai penunjang customerservice mereka hanya fokus untuk
meningkatkan branding dan melakukan pemasaran melalui media sosial saja, sedangkan keluhan dan pertanyaan customer pada media sosial justru diabaikan.
4. Product Development
Melalui media sosial, kita bisa mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Bahkan kita bisa mengetahui tren dan persaingan produk yang ada di pasaran. Feedbackberupa saran dan kritik pada media sosial bisa menjadi dasar bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produk terbaru.Selain itu, pengguna media sosial juga bisa menjadi seorang tester dan quality control yang baik bagi bisnis Anda.
Berikut ini beberapa etika bisnis di dunia maya, yaitu:
a. Jujur.
Mungkin tidak ada yang lebih penting dibandingkan sebuah kejujuran. Kejujuran di sini tidak sekadar jujur dalam produk atau jasa kita, tetapi jujur dalam isiwebkita. Jika kita mampu menaikkan rangkingwebsitekita di dalamgoogletetapi isinya tidak sesuai, orang akan enggan masuk kembali ke situs kita. Begitupun mengenai produk. Jika kita memegang kejujuran sebagai etika bisnis, besar kemungkinan orang akan kembali kewebsitekita.
b. Ramah.
Karena internet tidak memungkinan adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli atau antara pemilik situs dengan pendatang, sulit bagi pembeli untuk menilai ekspresi keramahan. Mereka hanya bisa menilai dari kalimat atau tampilan situs kita. Website yang terkesan dingin, kaku, akan membuat orang enggan kembali ke sana. Sebaliknya, jika terkesan ramah, peduli akan pelanggan atau pengunjung situs, pelanggan akan lebih suka
berlama-lama di situs tersebut. Oleh karena itu, perhatikan penggunaan kata-kata Anda.
c. Berjanji itu untuk ditepati.
Kita sudah memesan suatu barang dan dijanjikan akan datang dalam waktu seminggu. Ternyata, sudah lebih dari dua minggu, barang tersebut tidak juga datang. Hal ini tentu akan membuat orang kesal dan enggan untuk kembali. Untuk menjadi pebisnis yang tepercaya didunia maya, peganglah etika bisnis bahwa janji adalah hutang. Jika perhitungan Anda meleset, segera hubungi konsumen untuk menjelaskan apa yang terjadi. Akan lebih baik lagi jika Anda menghitung waktu meleset tersebut hingga Anda tidak perlu merasa menyalahi janji.
d. Adil.
Etika bisnis keadilan bisa berwujud dalam banyak hal. Misalnya, adil memberikan harga kepada konsumen, distributor atau bahkan kepada pegawai sendiri. Pegawai yang tidak merasa diperlakukan adil, akan sulit berlaku ramah kepada konsumen. Pada akhirnya, Anda sendiri yang akan dirugikan. Harga yang tidak sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan juga bisa membuat pelanggan lari. Apalagi jika ada pesaing yang menawarkan produk seragam dengan harga dan pelayanan lebih baik. Kepedulian pada pelanggan. Setelah menjual suatu barang, terkadang datang keluhan dari pelanggan. Pebisnis yang memegang etika bisnis yang baik akan peduli pada keluhan tersebut. Seandainya terjadi kesalahan di luar tanggung jawab Anda, Anda bisa mengurangi kekesalan pelanggan itu dengan meminta maaf, memberikan hadiah, potongan harga, dan lain-lain. Kepedulian ini bisa juga diwujudkan dalam ucapan terima kasih personal.
Manfaat yang bisa dirasakan oleh para perusahaan dengan viral marketing ini?
- Ketika perusahaan tersebut bisa menciptakan pesan pemasaran yang viral,maka mereka akan mendapatkan awareness yang lebih besar lagi dan bisa mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi lagi.
- Jikalau memang Anda mau menjual sesuatu barang karena barang tersebut sedang viral, itu juga langkah yang tepat karena dengan demikian, maka semakin banyak orang yang memperhatikan barang yang Anda jual.Keuntungan pun bisa didapatkan lebih cepat.
- Strategi pemasaran tidak bisa dilakukan jika tanpa adanya kreativitas. Maka dari itu, cobalah untuk berkreasi sebaik mungkin agar semakin banyak orang yang sadar tentang pesan pemasaran yang sedang dijalankan. Semakin kreatif akan menjadi lebih cepat terkenal. Jangan sampai lupakan kreativitas di dalam strategi viral marketing ini.
Manfaat video marketing selain meningkatkan omzet penjualan:
1. Branding Merek Dagang
Video yang berkaitan dengan produk terbukti efektif untuk mengenalkan brand produk bisnis. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya pebisnis yang melakukan promosi video marketing mereka dengan cara men-share-nya ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, G+, dan lainlain. Tujuannya agar masyarakat luas dapat mengetahui produk yang Anda miliki. Sebuah video marketing yang benar-benar menarik dijamin mampu meningkatkan penjualan produk dan juga memperluas branding Anda.
2. Meyakinkan Konsumen
Dengan maraknya bisnis yang bergerak dalam bidang online, maka semakin tinggi pula tingkat penipuan yang hadir. Ada banyak toko online yang mempunyai kedok produk yang murah, namun setelah uang dikirim si pemiliki toko tidak kunjung mengirimkan pesanan. Video testimoni pelanggan merupakan salah satu strategi marketing yang diyakini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, video marketing juga mampu memberikan penjelasan secara visual dan detail mengenai produk yang tengah anda jual sehingga tingkat kepercayaan calon pembeli bisa semakin tinggi.
3. Target Pasar Luas
Siapapun boleh saja melihat video marketing sehingga jangkauan dan targetnya luas. Apalagi jika video yang Anda unggah berada di situs video seperti (youtube, dailymotion, vimeo dll) yang kemudian diberi link kesitus bisnis yang Anda miliki. Dengan ini jumlah visitor juga akan bertambah dan secara otomatis pembeli juga akan semakin banyak.
4. SEO Friendly
Yang dimaksudkan dengan SEO Friendly disini adalah kemudahan situs anda untuk ditemukan oleh para calon konsumen. Dengan target pasar yang luas akan menjadikan ini sebagai salah satu gerbang kesuksesan bisnis yang anda miliki. Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dengan memasang video marketing pada situs website Anda.