10 Teknik Copywriting Bisnis Online

Banyak yang beranggapan bahwa copywriting untuk bisnis online dengan menggunakan kalimat lebih pendek adalah yang terbaik, ternyata tidak seperti itu. Terbukti dengan copywriting yang lebih panjang mendatangkan sales yang lebih banyak. Namun Anda perlu hati-hati dalam membuat copywriting, jangan sampai calon pembeli Anda tidak tertarik sehingga meninggalkan produk yang sedang Anda jual dan beralih kepada kompetitor.

Menggunkana teknik Story telling : Storytelling atau bisa disebut bercerita. Anda perlu memahami bahwa memberikan cerita menarik kepada calon pembeli akan lebih mudah diterima daripada dengan berjualan secara langsung. Dengan menggunakan cerita seseorang akan lebih mudah mengingat dan bisa membuat pembaca secara emosional terhubung dengan produk yang Anda tawarkan.
Hasil dari teknik storytelling terbukti lebih efektif dan calon pembeli akan merasa lebih nyaman sehingga lebih mudah untuk difollow up dan melakukan call to action pembelian produk.

Sebelum melakukan ini Anda perlu riset terlebih dahulu tentang target market yang akan Anda bidik mulai dari gaya bahasa, umur, gender, tingkat pendidikan dan budaya. Setelah semuanya ketemu, Anda tinggal membuat copywriting produk sesuai dengan pikiran pembaca, buatlah copywriting seolah-olah Anda berbicara langsung kepada audiens. Ada 3 hal penting agar bisa nyambung dengan pembaca yaitu:
1. Menyesuaikan dengan bahasa target audiens
2. Menceritakan kisah kepada pembaca yang relevan
3.Memberikan solusi kepada audiens
Dengan memperhatikan 3 hal tersebut sudah bisa dipastikan Anda bisa menguasai audiens. Berikut contoh naskah copywriting: “Saya tahu bagaimana perasaannya memiliki webiste lemot. Saya merasakan hal yang sama waktu itu. Semua berubah ketika saya menemukan layanan Cloud Hosting murah dari…….

Pergunakan data dan statistic : Cara agar copywriting Anda dipercaya oleh calon pembeli adalah dengan menampilkan data dan statistic yang jelas. Seoarang copywriter harus memberikan data dan statistic yang relevan dan dari sumber yang terpercaya. Dengan copywriting model seperti ini akan meningkatkan kepercataan sehingga meningatkan konversi penjualan.

Atur penempatan konten : Penempatan konten juga menjadi hal yang tak boleh asal-asalan. Untuk mendukung teknik copywriting yang berkesan sehingga bisa menaikan omzet bisnis, maka Anda harus mengatur penempatan konten yang lebih baik. Berikut beberapa acuan penempatan konten pada copywriting:
1. Membuat judul yang menarik perhatian
2. Menggunakan daftar bullet atau numbering
3. Memberikan keterangan yang lengkap
4. Memberikan link atau video yang relevan
5. Menambahkan gambar dengan resolusi baik
6. Sorot pada bagian yang penting
7. Gunakan button call to action

Berikan pertanyaan dengan jawaban: Buatlah pertanyaan yang membutuhkan jawaban dari calon konsumen Anda. Anda perlu melakukan riset dulu tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh konsumen kemudian baru membuat list pertanyaan. Biasanya kebanyakan menggunakan jawaban ‘Ya’, semakin sering menjawah ‘Ya’ maka akan semakin besar peluang untuk membeli produk dari bisnis yang Anda jual. Contoh pertanyaan untuk produk kesehatan:
1. Apakah Anda sering tidur larut malam?
2. Apakah Anda memiliki jerawat dibagian wajah?
3. Apakah Anda sering makan makanan berlemak?

Berikan manfaat bukan fitur:  Banyak para copywriter yang masih menonjolkan fitur daripada manfaat. Konsumen yang tertarik kepada produk yang kita miliki adalah karena manfaatnya. Jelaskan terlebih dahulu semua manfaat yang akan diperoleh nanti barulah Anda menjelaskan fitur-fitur yang akan didapatkan.

Berikan testimonial pelanggan: Testimoni dari pelanggan harus Anda tampilkan untuk meyakinkan kepada calon konsumen. Kecenderungan pembeli adalah membeli ketika sudah ada yang lebih dulu membeli. Jadi setiap produk yan terjual Anda perlu meminta testimoni kepada pembeli, Tujuannya sebagai salah satu pendukung teknik copywriting untuk bisnis online Anda. Dari hasil testimoni yang masuk juga bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi tentang kekurangan dari produk dan layanan yang Anda berikan kepada konsumen.

Berikan bonus kepada pelanggan: Dengan memberikan bonus kepada pelanggan akan lebih meningkatkan sales produk binsis online Anda. Ini juga bisa menjadi salah satu pembeda dengan kompetitor bisnis Anda, berikan bonus lebih kepada produk yang Anda jual. Ada beberapa hal penting dalam pemberian bonus yang perlu Anda tahu:
Bonus tersebut haruslah berisi sesuatu yang bermanfaat dan ada kaitannya dengan produk yang Anda jual.
Bonus haruslah sesuatu yang special dan tidak mudah diperoleh.

Gunakan call to action yang persuasif: Jika semua teknik copywriting binsis diatas sudah Anda lakukan dengan benar, maka yang terakhir adalah melakukan call to action untuk mengajak calon pembeli Anda melakukan tindakan.