Contents
Mengenal Content Marketing Matrix untuk Pemasaran Digital
Content marketing matrix merupakan strategi untuk membantu pemasaran konten di media sosial kita berjalan sukses. Dengan content marketing matrix, kita dapat mencapai tujuan bisnis secara lebih mudah. Sebab, hal ini bisa membantu kita dalam membuat konten yang sesuai dengan target audiens.
A.Format konten dalam content marketing matrix yang bisa kita terapkan:
-
Konten Entertain
Entertaining atau menghibur menjadi salah satu format konten dalam matriks pemasaran konten yang bisa kita coba terapkan.Konten hiburan sangat cocok bagi para pelanggan yang baru memulai customer journey. Jadi, mereka baru tertarik dengan brand, belum memiliki minat untuk melakukan pembelian.
Format konten yang seperti ini biasanya akan lebih disukai oleh audiens. kita pun bisa tetap mempromosikan brand dengan cara yang menyenangkan. Konten yang menghibur dapat mencakup permainan dan kuis, video, kampanye viral, kompetisi, dan banyak lagi.Jenis konten entertain yang satu ini tidak hanya dapat diterapkan bagi brand yang menjual produk, tetapi juga bisa digunakan oleh brand penyedia jasa. Salah satu contoh konten hiburan dalam pemasaran, yakni mengunggah meme pada media sosial bisnis kita. Meme merupakan konten humor dalam bentuk foto atau video.
2. Konten Edukasi
Format postingan selanjutnya yang bisa kita coba terapkan dalam pemasaran konten untuk bisnis, yakni konten edukasi.Jenis konten ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam awal perjalanan pelanggan (customer journey). Konten edukasi tentu saja berisi informasi yang bisa membantu target audiens kita menemukan solusi atas masalah yang sedang dihadapi.Meskipun konten edukasi seperti ini mungkin tidak selalu memiliki tujuan penjualan langsung, tetapi jenis konten tersebut masih merupakan bagian berharga dari strategi pemasaran konten apa pun.
Ada banyak sekali konten pendidikan yang bisa coba kita buat dan bagikan pada target audiens. Misalnya konten yang berisi panduan dan infografis, fakta cepat, siaran pers, laporan tren, e-book, dan banyak lagi. Walaupun konten seperti ini tidak memiliki fokus untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, akan tetapi konten edukasi bisa membuat target audiens kembali lagi pada brand kita.
Jadi, bukan tidak mungkin bagi kita untuk memeroleh pelanggan baru di kemudian hari melalui pembuatan kontek edukasi ini.
3. Konten Menginspirasi
Jenis konten lainnya yang bisa kita buat dan bagikan kepada target audiens, yakni inspire content atau konten yang menginspirasi.Tujuan dari konten inspiratif ini adalah mendorong target audiens untuk melakukan pembelian. Sebab, konten yang inspirasional bisa menyentuh sisi emosional para pelanggan.
Jika digunakan dengan cara yang tepat, kita bisa menciptakan lebih banyak penjualan melalui format konten seperti ini. Bagi kita yang ingin membuat jenis konten inspirasional tetapi masih bingung caranya, mungkin bisa mencoba beberapa ide seperti ulasan atau testimonial. Mengumpulkan review positif dari para pelanggan yang sudah ada untuk ditayangkan ke media sosial bisa menginspirasi audiens lain dalam melakukan tindakan. Dalam hal ini, tentu saja pembelian produk atau layanan. Jenis konten ini dapat membangun kepercayaan dan menunjukkan tingkat keberhasilan produk atau layanan bisnis kita.
4. Konten Persuasif dan Meyakinkan
Format konten lainnya dalam content marketing matrix yang bisa coba kita buat untuk pemasaran di media sosial, yakni convincing content.Convincing content atau jenis konten yang meyakinkan merupakan format pemasaran konten yang paling mungkin menciptakan konversi pelanggan.
Ada beberapa jenis konten persuasif dan meyakinkan yang bisa kita coba buat. Misalnya webinar, video demo atau tutorial, dan masih banyak lagi. Format konten seperti ini dapat meyakinkan orang untuk mengambil tindakan. Cukup mirip dengan konten edukasi, akan tetapi konten persuasif memberikan informasi kepada pengguna sekaligus meningkatkan minat untuk membeli.
B. Tips Penerapan Content Marketing Matrix
Jika sudah memahami format konten yang efektif untuk meningkatkan kinerja pemasaran, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips berikut:
- Optimasi Konten yang Sudah Ada
- Analisis Konten Kompetitor
- Tingkatkan Efektivitas Konten di Masa Mendatang